BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 28 April 2013

Tes Penerimaan Sistem



Tulisan kali ini saya buat sebagai jawaban dari tugas yang diberikan oleh dosen, yang perlu di-posting di dalam blog.
Pertanyaanya adalah sebagai berikut :
Menurut anda seberapa penting dilakukan tes penerimaan terhadap sistem yang dibuat ? Jelaskan jawaban anda.

Menurut saya tes penerimaan terhadap sistem yang dibuat atau dikembengkan tentu amatlah penting, karena tujuan dari penerimaan bagi tim proyek adalah untuk mendapatkan pernyataan tertulis dari user bahwa sistem yang dibuat sudah sesuai dengan yang dijanjikan.

Pada umumnya medapatkan persetujuan dari user akan cukup sulit, karena user mungkin belum merasa yakin 100% apakah sistem tersebut memang sesuai yang diharapkan dan tanpa menimbulkan sesuatu yang salah pada sistem di waktu mendatang.

Pendekatan yang lebih baik adalah menemukan serangkaian tes yang mendemonstrasikan semua fungsi yang dijanjikan. Jika sebuah tes gagal, Tim proyek akan mencoba memperbaiki masalah langsung di tempat pengujian atau pengujian ditunda sampai masalah telah diperbaiki.

Setelah semua proses berjalan sesuai dengan yang dijanjikan, maka penerimaan oleh user dapat dilakukan. Penerimaan akan dilakukan secara resmi melalui seluruh tes ini kepada user dan tentunya pembayaran dari user yang sesuai dengan yang dikontakkan. Karena itulah serangkaian tes tersebut perlu dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar